Thursday, 25 June 2015

Lagi, mati, hati

ku pikir sebelumnya ini akan berakhir berbeda
saat kau datang sekali lagi membawa hatimu
dengan rasa yang sama, sisa-sisa purbakala
nyatanya ini hanya cerita yang sama
yang berakhir identik
tanpa sangkalan
sisakan duka
dalam
hati
ku

bahkan susunan kata tak sanggup lagi memahami hati yang terlanjur mati karena tak kuasa melawan lara karena terlalu mencintai

Wednesday, 22 April 2015

masa depanku

???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Monday, 15 December 2014

yang seharusnya lo lakukan pasca patah hati

Apa yang seharusnya lo lakukan pasca patah hati???

Well, gue baru aja patah hati, baru aja putus. Sedih gak kalian? Kalau gue sih, pasti sedih lah! Kalian yang pernah patah hati atau putus cinta, pasti bakal ngerasa sedih, terutama kalo lo dipihak yang diputusin, kek gue sekarang. Yang cewek nih pasti nangis-nangis bombay 7 hari 7 malem sampe tu air mata ngalir kek sungai pas lagi banjir bandang. Yang cowok, hmmm, gak tau deh gue kalo cowok patah hati kek mana, tapi gue pikir mereka lebih calm dari cewek kalo abis patah hati, tau-tau aja nggantung diri di kamar #ups.

Ini bukan kali pertama gue patah hati, so gue uda mulai terbiasa (tersiksa) menghadapi apa itu patah hati. Emang ngenes sih, tapi ya mau gimana lagi. Pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil di balik setiap kejadian dalam hidup kita, kecuali IQ lo jongkok. Duh sorry kalo ada yang merasa terhina. Setelah melalui beberapa kali patah hati itu gue jadi tau cara paling ampuh, buat gue paling gak, biar gue gak terus-menerus berkubang di sakit hati gue itu.

1. Jangan biarin lo sendirian terlalu lama
Takutnya yaa, itu, tiba-tiba ganntung diri aja. Saking sakitnya patah hati, terkadang ada orang yang merasa gak kuat dan pengen mati aja rasanya. Ada, pasti ada! Gue dulu pernah gitu juga, ngenes ya. Nah karena itu kita butuh ada orang lain disekitar kita, temen atau keluarga misalnya. Selain lo bisa curhat, temen yang baik pasti juga bakal ngehibur lo, main topeng monyet misalnya, hehe. Dengan lo bareng-bareng sama temen lo, kemungkinan lo melakukan hal-hal gak waras jadi kecil, temen lo pasti bakal nyegah lo semisal lo mau bunuh diri atau apa. Tapi jangan sama temen lo yang juga lagi patah hati, ntar malah bunuh diri massal lagi.
2. Hibur diri lo sendiri
Temen-temen baik lo pasti bakal ngehibur lo, tapi lo sendiri juga harus menghibur diri sendiri. Kalau gue, cara ngehibur diri sendiri yakni dengan jalan-jalan, kalau lagi ada duit ya shopping. Udah itu cara ampuh ngusir nyamuk eh ngusir rasa sedih abis patah hati.
3. Nyoba hal baru
Segeralah lo bangkit pasca lo patah hati. Jadi diri lo lagi, dan bakal lebih kece kalau lo bisa bangkit dengan semangat baru yang lebih oke. Semangat jadi orang yang lebih baik lagi. Nyoba ngelakuin hal-hal baru atau pergi ke tempat-tempat baru bisa bikin semangat lo up lagi. Penuhi diri lo dengan semangat positif. Ketemu orang-orang baru katanya juga bisa ngilangin stress karena patah hati. Pas lo putus cinta, sadarin aja kalo lo sekarang free, bebas ngelakuin apa aja sama siapa aja dimata aja dan kapan aja tanpa ada yang ngerecokin, nanya-nanyain atau ngelarang-ngelarang lo. Tapi ya pastikan hal yang lo lakuin itu gak keluar batas ya, ntar dosa hlo.. hehehe
4. Berserah diri kepada Allah
Sebagai umat beragama yang taat (InsyaAllah), jangan pernah lupa untuk yang satu ini. Karena semua yang terjadi sama lo adalah skenario yang Dia bikin buat lo.

Gitu dulu deh. Gue perlu merenung lagi.  See you :*

Thursday, 2 October 2014

Malam sang puteri

Selamat malam
Sapa sang puteri bulan
Kepada ranting dan angin, kepada laut
Teriring alunan orkestra rumput teki
Samar-samar ku lihat jejakmu tertinggal di sana

Hei, lihatlah permadani hitam bertahtakan batu bintang
Menggantung tanpa sulur ataupun tambang
Hei, bukankah itu dirimu yang bernyanyi bersama sang puteri?

Hinggap di kalbu, seperti hantu, kamu
Malam diam membangkitkan pikiran lancangku
Wahai bulan sejak kapan warnamu merah jambu?
Dan bintang jatuhlah di mata itu
Yang menatap aku malu-malu

Friday, 12 September 2014

Poetry of J.R.R. Tolkien, The Hobbit

J.R.R. Tolkien
“Far over the misty mountains cold
To dungeons deep and caverns old
We must away ere break of day
To seek the pale enchanted gold.

The dwarves of yore made mighty spells,
While hammers fell like ringing bells
In places deep, where dark things sleep,
In hollow halls beneath the fells.

For ancient king and elvish lord
There many a gleaming golden hoard
They shaped and wrought, and light they caught
To hide in gems on hilt of sword.

On silver necklaces they strung
The flowering stars, on crowns they hung
The dragon-fire, in twisted wire
They meshed the light of moon and sun.

Far over the misty mountains cold
To dungeons deep and caverns old
We must away, ere break of day,
To claim our long-forgotten gold.

Goblets they carved there for themselves
And harps of gold; where no man delves
There lay they long, and many a song
Was sung unheard by men or elves.

The pines were roaring on the height,
The wind was moaning in the night.
The fire was red, it flaming spread;
The trees like torches blazed with light.

The bells were ringing in the dale
And men looked up with faces pale;
The dragon's ire more fierce than fire
Laid low their towers and houses frail.

The mountain smoked beneath the moon;
The dwarves, they heard the tramp of doom.
They fled their hall to dying fall
Beneath his feet, beneath the moon.

Far over the misty mountains grim
To dungeons deep and caverns dim
We must away, ere break of day,
To win our harps and gold from him!”

Wednesday, 13 August 2014

#TourdeImogiri MAKAM RAJA-RAJA




Hai, Agustus. Sudah pertengahan bulan Agustus, sangat tidak terasa. Pfftt, tidak terasa juga aku belum juga ngapa-ngapain blog ini (yaiyalah). 
Kalau kata anak  sekolah/kuliah... libur tlah tiba...libur tlah tiba! Yeah...
Actually, bagiku yang notabene sudah waktunya ambil skr*&%# itu, hari-hari layaknya hari libur juga sih. Uda gak ambil kuliah soalnya, jadi ya kalo lagi gak ngerjain skr*&%# itu ya nganggur. Well, tapi mumpung masih dalam suasana libur pasca lebaran, aku gak mau kalah juga dong, aku jalan-jalan juga. Ihik :D

So aku akhirnya memillih liburan yang masih ada di Jogja aja, tepatnya di Imogiri. Banyak obyek wisata di Imogiri dan kebetulan aku punya temen anak Imogiri. Udah lama juga aku pengen jalan-jalan ke Imogiri, jadi beberapa hari sebelumnya aku udah bilang temen ku anak Imogiri itu -panggil saja Rina- kalau aku pengen jalan-jalan ke Imogiri. Setelah mencocokan jadwal dengannya, hari sabtu tanggal 9 Agustus 2014 kita berangkat.

Sebelumnya aku pernah sekali ke Imogiri, ke rumah Rina juga. Waktu itu kita pergi ke Gua Cerme (Cermai), susur gua gitu. Aku berangkat dari Jogja (kosan) ke Imogiri (rumah Rina) sekirar jam 10-an. Karena baru sekali ke rumah Rina, beberapa kali aku perlu menelpon dia buat minta arahan, untung gak nyampe kesasar. Menjelang dzuhur aku sampai di rumah Rina dan kita langsung menuju destinasi pertama kita, MAKAM RAJA-RAJA IMOGIRI. 

Yeah, kita cuma peri berdua doang, puas kalian! Pffttt. Terserah mau bilang apa, jomblo ngenes atau apa terserahlah. Sudah ya ngejeknya, kita lanjut. Sampai di Makam Raja-raja Imogiri tepat saat adzan dzuhur. Sholat dulu lah kita, aku doang ding, Rina lagi Males katanya, you know lah what I mean. Dari parkiran ke masjid kita harus berjalan dulu melewati kios-kios yang menjajakan produk khas Imogiri. Kompleks Makam Raja-raja ini berada sebuah bukit jadi kita harus meniti tangga ke untuk sampai disana. Dari parkiran ke masjid tangganya masih lumayan bersahabat sih. Oh ya, mau cerita sedikit tentang masjidnya, ukurannya gak terlalu besar, bisa dibilang mushola malah, tapi mencirikan budaya jawa banget. Pintu kayu yang diukir pola ukiran jawa, empat tiang penyangga utama di tengah masjid yang juga jadi ciri bangunan di Jawa, Jogja terutama, dan juga ada bedug besar didalamnya. Ah, sayangnya aku lupa mengambil gambar masjidnya, ya sudahlah. Setelah sholat kita langsung meneruskan perjalanan, dimana 400 anak tangga sudah menanti....zzzz
Orang bilang ada 400an anak tangga. Siap mendaki?

Aku siap!

Medaki tangga-tangga ini cukup menguras tenaga dan nafas, fiuuuhh! Tapi angin di atas sejuk banget, bisa lah mengobati sedikit kelelahan setelah meniti tangga yang mengerikan ini. hehehe
Sampai di atas, sambil duduk melepas lelah dan menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan disekitar makam, aku menemukan bunga yang kalau menurutku bunganya bagus sih. Warnanya jingga, dan berasal dari pohon yang besaaaarrrrr sekali. 

Ini pohon besar yang tangkainya penuh dengan bunga cantik

Bunga jingga pohon besar yang telah gugur. Banyak banget di tangga pas mau nyampe makam
Gak banyak orang yang datang waktu itu, siang bolong banget sih pas kita nyampe sana, dan mungkin orang-orang gak selo kek kita yang kesana pas siang bolong banget! Kompleks Makam Raja-raja Imogiri adalah kompleks pemakaman untuk raja-raja dan keluarga kerajaan Mataram Islam. Pada tahun 1632 kompleks makam raja-raja ini dibangun oleh arsitek bernama Kyia Tumenggung Tjitrokoesoemo atas perintah Sultan Agung, penguasa Kerajaan Mataram Islam pada waktu itu.
Denah kompleks Makam Raja-raja Imogiri (http://id.wikipedia.org/wiki/Pemakaman_Imogiri)


 
Karena kita kesana pas hari sabtu kita tidak diperbolehkan masuk ke dalam kompleks pemakamannya, jadi hanya bisa melihat bagian depannya saja. Di depan kompleks pemakaman ada sebuah gapura yang diberi nama Gapuro Supit Urang. Setelah melewati gapuro, terdapat empat pendopo yang juga diberi nama Pendopo Supit Urang (gak tau artinya apa). Secara umum, denah makam raja-raja ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian tengah atas adalah makam Sultah Agung (bagian A), sebelah timur (B, C, D) adalah makam Raja-raja Kesultanan Yogyakarta dan sebelah barat (F, G, H) adalah makam Raja-raja Kasunanan Yogyakarta. Pemisahan ini terjadi karena adanya perjanjian Giyanti (tahun 1755) yang membagi Kerajaan Mataram Islam menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Yogyakarta (http://jogjatrip.com/id/219/Makam-Raja-raja-Mataram-di-Imogiri).
Gapura Supit Urang

Bagian tengah kompleks makam raja-raja adalah makam Sultan Agung

Gerbang kedua untuk masuk ke makam Sultan Agung
Karena tidak boleh masuk di area pemakaman jadinya kita cuma keliling-keliling dan foto-foto (pastinya!) sekitaran luar kompleks. Ke bagian barat ke kompleks pemakaman untuk raja-raja dari Kasunanan Yogyakarta dan ke bagian timur ke pemakaman Kesultanan Yogyakarta. 
Ukiran di pintu masuk ke pemakaman raja-raja Kasunanan Jogja
Gerbang pintu masuk makam raja Kasunana Jogja
Pintu masuk makam Paku Buwono VI
Si empunya Imogiri, Rina :p

Pintu lain lagi, semua pintu pola ukirannya berbeda
Bagian luar kompleks makam
Ini makam Sri Sultan Hamengkubuwono I
Pintu masuk makam HB I, gak kekunci sih, tapi gak berani masuk
Narsis dulu dengan muka uda kucel kepanasan
Karena sudah puas liat-liat sekitaran kompleks makam raja-raja (belum puas sih karena belum liat makamnya), dan karena waktu juga yang mepet, kita memutuskan untuk segera meneruskan perjalanan ke destinasi selanjutnya. Eiittss, tapi harus menuruni 409 anak tangga dulu. Fiuuuftttt! >_<
See you in kebun buah Mangunan :p